Laman

Minggu, 06 Januari 2013

Contoh RPP IPA Kelas 5 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      :  SD Negeri Pondok Terong 1
Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam
Pertemuan Ke-            :  1 (Satu)
Kelas/Semester            :  V (Lima) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu            :  2 x 35 menit (1 pertemuan)

I.                   Standar Kompetensi
1.      Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
II.                Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.
1.2 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia.
III.        Nilai – nilai Karakter Bangsa
1.      Disiplin
2.      Tekun
3.      Rasa ingin tahu
4.      Ketelitian
5.      Keberanian
6.      Tanggung Jawab
IV.             Indikator
1.      Menyebutkan macam-macam alat peredaran darah manusia.
2.      Menjelaskan fungsi alat peredran darah manusia.
3.      Menyebutkan macam-macam gangguan pada alat peredaran darah manusia.
4.      Menjelaskan perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik.
5.      Menyebutkan cara menjaga kesehatan alat peredaran darah manusia.
V.                Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran tentang Alat Peredaran Darah dengan menggunakan model Picture and Picture, siswa dapat :
1.      Menyebutkan 2 alat peredaran darah manusia secara berani dan teliti.
2.      Menjelaskan fungsi alat peredaran darah manusia.
3.      Menyebutkan 4 macam gangguan pada alat peredaran darah manusia secara teliti.
4.      Menjelaskan 3 perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik.
5.      Menyebutkan cara menjaga kesehatan alat peredaran darah manusia secara teliti dan bertanggung jawab.
VI.             Materi Ajar
a.       Nama alat peredaran darah manusia
1.      Jantung, terdiri dari: serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
2.      Pembuluh darah, terdiri dari: pembuluh nadi dan pembuluh balik.
b.      Gangguan pada alat peredaran darah manusia
1.      Anemia (kekurangan darah), dapat disebabkan oleh luka yang mengeluarkan banyak darah, kurang zat besi, atau adanya penyakit seperti kanker tulang.
2.      Hipertensi (tekanan darah tinggi), ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah. Besar kecilnya tekanan darah seseorang dapat diukur menggunakan tensimeter.
3.      Stroke, disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak sehingga saraf-saraf yang ada di otak tidak memperoleh cukup oksigen. Keadaan ini menyebabkan kerja saraf terganggu.
4.      Pelebaran pembuluh darah, dapat dibedakan menjadi ambeien (wasir) dan varises. Ambeien terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah balik di sekitar anus. Sementara itu, varises terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah balik di bagian kaki.
c.       Menjaga kesehatan alat peredaran darah
Menjaga kesehatan alat peredaran darah dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur, mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.
VII.          Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran
Picture and Picture
2.      Metode
Ceramah, demonstrasi, penugasan, dan tanya jawab.

VIII.       Kegiatan Pembelajaran (Langkah-langkah Pembelajaran)
1.      Kegiatan Awal
ü  Siswa dan guru bersama-sama berdoa untuk memulai proses pembelajaran.
ü  Siswa mengkondisikan diri dalam proses pembelajaran yang kondusif.
ü  Siswa mengaitkan materi ajar dengan mengajukan pertanyaan mengenai organ tubuh manusia.
ü  Siswa mendengarkan cakupan materi yang akan dipelajari yang disampaikan oleh guru.
ü  Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan yang disampaikan oleh guru.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
ü  Siswa memperhatikan dengan seksama materi alat peredaran darah manusia yang disajikan oleh guru.
ü  Siswa memperhatikan gambar alat peredaran darah manusia melalui media gambar yang terdapat pada proyektor.
ü  Siswa melakukan tanya jawab mengenai alat peredaran darah manusia.
Elaborasi
ü  Guru menyiapkan gambar sebuah jantung dan beberapa kartu yang terdapat nama dari bagian-bagian jantung, seperti: serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
ü  Siswa secara bergantian maju ke depan dan menempelkan nama bagian-bagian jantung sesuai dengan letaknya.
ü  Siswa bersama-sama dengan guru memeriksa kebenaran letak bagian jantung dengan namanya.
ü  Guru menyiapkan tabel dan beberapa lembar kertas yang bertuliskan perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik.
ü  Siswa secara bergantian  maju ke depan mengambil satu kertas, membacanya dan menuliskannya pada tempat yang sesuai.
ü  Siswa dan guru memeriksa kebenaran dari perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik yang telah dituliskan oleh siswa.
ü  Siswa memberikan tepuk tangan yang ramai sebagai penghargaan untuk teman-temannya yang telah berani maju ke depan untuk mengerjakan tugas yang diberikan.
Konfirmasi
ü  Guru mengulang pembahasan mengenai bagian-bagian jantung dan perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik.
ü  Siswa diberikan motivasi untuk mengembangkan rasa ingin tahu, keberanian, ketekunan, dan ketelitian dalam pembelajran IPA.
3.      Kegiatan Akhir
ü  Siswa dan guru menyimpulkan materi yang mengenai alat peredaran darah.
ü  Siswa diberikan lembar soal yang harus dikerjakan.
ü  Siswa mengumpulkan lembar soal yang telah selesai dikerjakan.
ü  Siswa diberi umpan balik terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.
ü  Siswa dan guru berdoa bersama untuk mengakhiri proses pembelajaran.
IX.             Penilaian
a.       Prosedur Penilaian      :  Akhir (hasil)
Penilaian Produk         :  Item soal
b.      Jenis Penilaian             :  Tertulis
c.       Bentuk Penilaian         :  Tes
d.      Alat penilaian              :  Item soal

Soal Tes
1.      Sebutkan 2 alat peredaran darah!
2.      Jelaskan fungsi dari ke dua alat peredaran darah tersebut!
3.      Sebutkan 4 macam gangguan pada alat peredaran darah!
4.      Tuliskan 3 perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik!
5.       Bagaimana cara menjaga kesehatan alat peredaran darah?

Kunci Jawaban
No
Jawaban
Skor
1.
Jantung dan pembuluh darah.
20
2.
Jantung berfungsi untuk memompa darah.
Pembuluh darah berfungsi untuk mengalirkan drah jantung ke seluruh tubuh atau sebaliknya.
20
3.
1.      Anemia
2.      Hipertensi
3.      Stroke
4.      Pelebaran pembuluh darah, dapat dibedakan menjadi ambeien (wasir) dan varises.
20
4.
Pembuluh Nadi
Pembuluh Balik
1.      Denyut terasa.
2.      Umumnya terletak di bagian dalam tubuh.
3.      Dinding tebal, kuat, dan elastis.
1.      Denyut tidak terasa.
2.      Terletak di dekat permukaan tubuh.
3.      Dindingnya tipis dan tidak elastis.
20
5.
Dengan olahraga secara teratur, mengatur pola makan dan jenis makanan yang dimakan sehari-hari.
20

Ketuntasan Belajar:  60
X.                Sumber dan Alat Belajar
·         Sumber Belajar
Standar Isi
Azmiyawati, Choiril, dkk. 2008 . “Ilmu Pengetahuan Alam kelas 5 Salingtemas” . Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Internet
·         Alat/Media Belajar
Proyektor, slide power point, laptop, gambar jantung.


Mengetahui,                                                                Bogor, 21 Desember 2012
Dosem Mata Kuliah                                                    Praktikan


(                                    )                                             (Intan Siti Nurjanah)
                                                                                                NPM: 037110051

LEMBAR SOAL

Nama   :
Kelas   :

Jawablah soal-soal berikut ini dengan teliti dan benar!
1.      Sebutkan 2 alat peredaran darah!
2.      Jelaskan fungsi dari ke dua alat peredaran darah tersebut!
3.      Sebutkan 4 macam gangguan pada alat peredaran darah!
4.      Tuliskan 3 perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik!
5.       Bagaimana cara menjaga kesehatan alat peredaran darah?

Dibuat oleh Intan Siti Nurjanah.
Dilarang mengcopy tanpa seizin pembuat.

4 komentar: