Sabtu, 06 Desember 2014

Back To My Blog

Assalamualaikum

Lama tak mengunjungi blog kesayangan ku ini. Sebenarnya niat saya membuat blog ini untuk berbagi ilmu pengetahuan seputar dunia pendidikan, tapi apalah daya, kemalasan yang telah merasuk dan mendarah daging ini membuatku menjadi malas untuk menulis di blog.

Alhamdulillah saat ini saya telah bekerja sebagai seorang guru di sebuah sekolah dasar swasta di kota Depok. Walaupun skripsi belum selesai, namun aku tetap berusaha untuk menjalani keduanya. Ternyata menjadi guru itu tidk semudah dan semenyenangkan yang saya bayangkan. Sulit untuk menerima kenyataan bahwa saya memiliki tanggung jawab besar terhadap orang tua murid yang menitipkan anak-anak mereka untuk saya didik hingga menjadi anak yang berhasil dan sukses di bidangnya masing-masing.

Pada kenyataannya setiap anak memiliki potensinya di bidang masing-masing. Namun, tidak semua orang tua memahami hal tersebut. Orang tua pada masa sekarang masih menuntut anak-anaknya untuk menguasai seluruh mata pelajaran dan mendapat peringkat terbaik di sekolah. Padahal, tuntutan seperti itu akan membuat anak semakin tertekan dan sulit untuk megembangkan potensi yang dia miliki. Saya merasakan bagaimana mereka takut dimarahi oleh orang tuanya karena nilai mata pelajaran di sekolah jelek atau tidak mememnuhi kriteria kesenangan orang tua. Mengapa saya sebut demikian, karena di sekolah sudah ada KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) namun orang tua terkadang menuntut lebih dari itu.

Semoga kelak ketika saya telah menjadi orang tua dan memiliki anak sendiri, saya bisa mendidik anak-anak saya denga motivasi dan dorongan positif, bukan dengan tuntutan yang justru membuat mereka tertekan dan mengendurkan semangatnya untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat yang dimilikinya,

Wassalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar