RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri Pondok
Terong 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Pertemuan Ke- : 1 (Satu)
Kelas/Semester : V (Lima) / 1
(Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1
pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan.
II.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.
1.2
Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah
manusia.
III.
Nilai – nilai Karakter Bangsa
1. Disiplin
2. Tekun
3. Rasa
ingin tahu
4. Ketelitian
5. Keberanian
6. Tanggung
Jawab
IV.
Indikator
1. Menyebutkan
macam-macam alat peredaran darah manusia.
2. Menjelaskan
fungsi alat peredran darah manusia.
3. Menyebutkan
macam-macam gangguan pada alat peredaran darah manusia.
4. Menjelaskan
perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik.
5. Menyebutkan
cara menjaga kesehatan alat peredaran darah manusia.
V.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran tentang Alat Peredaran Darah dengan menggunakan model Picture and Picture, siswa dapat :
1. Menyebutkan
2 alat peredaran darah manusia secara berani dan teliti.
2. Menjelaskan
fungsi alat peredaran darah manusia.
3. Menyebutkan
4 macam gangguan pada alat peredaran darah manusia secara teliti.
4. Menjelaskan
3 perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik.
5. Menyebutkan
cara menjaga kesehatan alat peredaran darah manusia secara teliti dan
bertanggung jawab.
VI.
Materi
Ajar
a. Nama
alat peredaran darah manusia
1. Jantung,
terdiri dari: serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
2. Pembuluh
darah, terdiri dari: pembuluh nadi dan pembuluh balik.
b. Gangguan
pada alat peredaran darah manusia
1. Anemia
(kekurangan darah), dapat disebabkan oleh luka yang mengeluarkan banyak darah,
kurang zat besi, atau adanya penyakit seperti kanker tulang.
2.
Hipertensi
(tekanan darah tinggi), ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah. Besar
kecilnya tekanan darah seseorang dapat diukur menggunakan tensimeter.
3.
Stroke,
disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak sehingga saraf-saraf yang ada
di otak tidak memperoleh cukup oksigen. Keadaan ini menyebabkan kerja saraf
terganggu.
4.
Pelebaran
pembuluh darah, dapat dibedakan menjadi ambeien (wasir) dan varises. Ambeien
terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah balik di sekitar anus. Sementara
itu, varises terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah balik di bagian kaki.
c. Menjaga
kesehatan alat peredaran darah
Menjaga kesehatan alat
peredaran darah dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur, mengatur
pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.
VII.
Model
dan Metode Pembelajaran
1.
Model
Pembelajaran
Picture and Picture
2.
Metode
Ceramah, demonstrasi, penugasan, dan tanya jawab.
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran (Langkah-langkah Pembelajaran)
1.
Kegiatan
Awal
ü Siswa
dan guru bersama-sama berdoa untuk memulai proses pembelajaran.
ü Siswa
mengkondisikan diri dalam proses pembelajaran yang kondusif.
ü Siswa
mengaitkan materi ajar dengan mengajukan pertanyaan mengenai organ tubuh
manusia.
ü Siswa
mendengarkan cakupan materi yang akan dipelajari yang disampaikan oleh guru.
ü Siswa
mendengarkan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan yang
disampaikan oleh guru.
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
ü Siswa
memperhatikan dengan seksama materi alat peredaran darah manusia yang disajikan
oleh guru.
ü Siswa
memperhatikan gambar alat peredaran darah manusia melalui media gambar yang
terdapat pada proyektor.
ü Siswa
melakukan tanya jawab mengenai alat peredaran darah manusia.
Elaborasi
ü Guru
menyiapkan gambar sebuah jantung dan beberapa kartu yang terdapat nama dari
bagian-bagian jantung, seperti: serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik
kiri.
ü Siswa
secara bergantian maju ke depan dan menempelkan nama bagian-bagian jantung
sesuai dengan letaknya.
ü Siswa
bersama-sama dengan guru memeriksa kebenaran letak bagian jantung dengan
namanya.
ü Guru
menyiapkan tabel dan beberapa lembar kertas yang bertuliskan perbedaan antara
pembuluh nadi dan pembuluh balik.
ü Siswa
secara bergantian maju ke depan
mengambil satu kertas, membacanya dan menuliskannya pada tempat yang sesuai.
ü Siswa
dan guru memeriksa kebenaran dari perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh
balik yang telah dituliskan oleh siswa.
ü Siswa
memberikan tepuk tangan yang ramai sebagai penghargaan untuk teman-temannya
yang telah berani maju ke depan untuk mengerjakan tugas yang diberikan.
Konfirmasi
ü Guru
mengulang pembahasan mengenai bagian-bagian jantung dan perbedaan antara
pembuluh nadi dan pembuluh balik.
ü Siswa
diberikan motivasi untuk mengembangkan rasa ingin tahu, keberanian, ketekunan,
dan ketelitian dalam pembelajran IPA.
3.
Kegiatan
Akhir
ü Siswa
dan guru menyimpulkan materi yang mengenai alat peredaran darah.
ü Siswa
diberikan lembar soal yang harus dikerjakan.
ü Siswa
mengumpulkan lembar soal yang telah selesai dikerjakan.
ü Siswa
diberi umpan balik terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.
ü Siswa
dan guru berdoa bersama untuk mengakhiri proses pembelajaran.
IX.
Penilaian
a. Prosedur
Penilaian : Akhir (hasil)
Penilaian Produk : Item soal
b. Jenis
Penilaian : Tertulis
c. Bentuk
Penilaian : Tes
d. Alat
penilaian : Item soal
Soal
Tes
1. Sebutkan
2 alat peredaran darah!
2. Jelaskan
fungsi dari ke dua alat peredaran darah tersebut!
3. Sebutkan
4 macam gangguan pada alat peredaran darah!
4. Tuliskan
3 perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik!
5. Bagaimana cara menjaga kesehatan alat
peredaran darah?
Kunci
Jawaban
No
|
Jawaban
|
Skor
|
||||
1.
|
Jantung
dan pembuluh darah.
|
20
|
||||
2.
|
Jantung
berfungsi untuk memompa darah.
Pembuluh
darah berfungsi untuk mengalirkan drah jantung ke seluruh tubuh atau
sebaliknya.
|
20
|
||||
3.
|
1. Anemia
2.
Hipertensi
3.
Stroke
4.
Pelebaran
pembuluh darah, dapat dibedakan menjadi ambeien (wasir) dan varises.
|
20
|
||||
4.
|
|
20
|
||||
5.
|
Dengan
olahraga secara teratur, mengatur pola makan dan jenis makanan yang dimakan
sehari-hari.
|
20
|
Ketuntasan
Belajar: 60
X.
Sumber
dan Alat Belajar
·
Sumber Belajar
Standar Isi
Azmiyawati, Choiril, dkk. 2008 . “Ilmu Pengetahuan
Alam kelas 5 Salingtemas” . Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
Internet
·
Alat/Media Belajar
Proyektor, slide power point, laptop, gambar
jantung.
Mengetahui, Bogor,
21 Desember 2012
Dosem Mata Kuliah Praktikan
( ) (Intan Siti Nurjanah)
NPM: 037110051
LEMBAR SOAL
Nama :
Kelas :
Jawablah
soal-soal berikut ini dengan teliti dan benar!
1. Sebutkan
2 alat peredaran darah!
2. Jelaskan
fungsi dari ke dua alat peredaran darah tersebut!
3. Sebutkan
4 macam gangguan pada alat peredaran darah!
4. Tuliskan
3 perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik!
5. Bagaimana cara menjaga kesehatan alat
peredaran darah?
Dibuat oleh Intan Siti Nurjanah.
Dilarang mengcopy tanpa seizin pembuat.
izin copy buk....
BalasHapusiya silahkan. mohon dikoreksi kembali dan diperbaiki jika ada kesalahan.
Hapussaya izin mengcopy ya bu
HapusSaya ijin mengcopy ya bu
Hapusmohon izin copy yah bu ...
BalasHapusizin copy yah bu...
BalasHapusUntuk pembelajaran, izin meng-copy yah bu.. :)
BalasHapusminta izin copy Bu,,,makasih banyak sebelumnya ya.
BalasHapusminta izin copy Bu,,,makasih banyak sebelumnya ya.
BalasHapusminta izin copy ya materinya, bagus sekali :)
BalasHapusMohon izin copy yaa, terimakasih banyak..
BalasHapusmohon izin mencopy ya bu
BalasHapusterima kasih
izin copy
BalasHapusizin copy
BalasHapusizin copy... mksh...
BalasHapusIzin copy ya materinya, terimakasih :)
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusizin copas gan buat referensi
BalasHapusizin copas...
BalasHapusizin copy yaaa ...
BalasHapusAssalamu'alaikum. Minta izin copy yaa...
BalasHapusizin copy yaa bu
BalasHapusizin copy buk
BalasHapusizin copy ya
BalasHapusIjin copy
BalasHapusNAMA SAYA AHMAT YUAIDIN GURU SD DI KAB.PASURUAN JAWA TIMUR, SAYA MOHON IJIN COPY PASTE RPP INI,SUDI KIRANYA IBU MEMBERI IJIN PADA SAYA.TRIMA KASIH SEBELUMNYA.SALAM PERSAUDARAAN.
BalasHapusizin copy ya
BalasHapusijin kopi ya bu. untuk diedit lagi. tmksh :)
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusizin copy y buk
BalasHapus